Translate

Selasa, 05 Juni 2012

Paragraf sebab akibat

Paragraf sebab akibat adalah paragraf yang didahului kalimat-kalimat yang menyatakan sebab dan diakhiri dengan kalimat yang  merupakan akibat.
Contoh:
1.           (1)Asti tak punya rem pada mulutnya. (2)Lepas apa saja yang mau ia ucapkan. (3)Padanya tidak berlaku pepatah bijak yang mengatakan pikir dulu sebelum bicara.  (4)Apa saja disebut olehnya. (5)Ia tak peduli itu aib dirinya atau aib orang lain.  (6)Asti  dibenci oleh orang  banyak.
Kalimat (1) sampai dengan (5) menyatakan sebab, dan kalimat (6) menyatakan akibat.
2.           Semangat belajar Yura menggebu-gebu. Ia hampir tak mengenal jenuh dan lelah dalam belajar. Semua tugas sekolah ia kerjakan dengan sempurna. Semua buku wajib ia telah tamatkan sebelum  dibahas. Ia pun melahap bacaan apa saja yang  bisa menambah pengetahuan dan wawasannya. Yura memiliki prestasi akademis yang bagus dan wawasan yang luas.



Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar

Komentar, tentang saran dan kritik sampaikan saja disini, Yang mau komentar kasar sebaiknya Jangan karena akan menimbulkan keributan Di blog ini.Bila ada yang mengcopy entri ini harus mencantumkan sumber blog ini ya.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog Like Shared. Datang lagi ya

Thanks for coming on the blog Like Shared