Translate

Jumat, 01 Juni 2012

Cara Memperindah Bahasa Puisi

Sebuah puisi menjadi indah karena kemampuan penulis dalam memilih kata-kata. Hal ini dinamakan diksi. Suatu kata sesungguhnya memiliki kekhasan sendiri-sendiri dibandingkan dengan kata lain. Seorang penulis puisi harus peka dengan rasa kata, rasa bahasa. Ia harus menyelami rasa sebuah kata. Kemampuan menyelami ini lahir dari kebiasaannya merenungi sebuah kata, baik dalam penggunaannya sehari-hari, atau dalam penggunaan lain yang lebih khusus.

Setelah puisi ditulis, penulis puisi harus merenungi kembali tiap kata yang ia telah pilih. Cari kembali kata-kata lain untuk mengganti kata yang rasanya belum pas. Pilih kata yang enak didengar, dalam maknanya, dan ada kemiripan dengan kata sebelum dan sesudahnya. Kemiripan maksudnya adalah rima. Rima, persamaan di akhir kata. Kata yang serupa bunyinya di akhir kata menambah keindahan kepada puisi.

Sebuah puisi yang indah dan susah dilupakan adalah sebuah puisi yang dihasilkan dalam proses pemanggangan yang lama. Dipoles, diukir, dan dihaluskan. Jangan lupakan satu hal: kerjakan semua dengan cinta.

Artikel Terkait:

0 komentar

Posting Komentar

Komentar, tentang saran dan kritik sampaikan saja disini, Yang mau komentar kasar sebaiknya Jangan karena akan menimbulkan keributan Di blog ini.Bila ada yang mengcopy entri ini harus mencantumkan sumber blog ini ya.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog Like Shared. Datang lagi ya

Thanks for coming on the blog Like Shared